Kamis, 10 April 2008

Bagian II

Konsep & Model Bisnis E-Commerce

Model Bisnis E-Commerce

Model suatu bisnis adalah suatu kumpulan dari aktivitas-aktiviktas (kadang ditunjukan seperti halnya suatu proses bisnis) yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan di wilayah pasar. Sebuah perencanaan bisnis adalah dokumen yang menggambarkan tentang perusahaan dari model suatu bisnis. Model suatu bisnis E-commerce yang bertujuan untuk menggunakan dan mempengaruhi karakteristik dari internet & web. (Timmers, 1998).

8 Unsur-unsur sebagai model dalam bisnis

Jika kamu berharap untuk mengembangkan contoh bisnis yang sukses dalam berkompetisi, tidak hanya e-commerce kamu harus yakin bahwa ke 8 unsur tersebut memiliki petunjuk dalam proporsi nilai diantaranya adalah : proporsi nilai, model pendapatan, kesempatan pasar, lingkungan kompetensi, keunggulan bersaing, strategi pasar, perkembangan organisasional & tim manajemen (Ghosh, 1998).

Menggambarkan banyaknya B2C business model

Disana ada beberapa banyaknya perbedaan dalam model bisnis yang digunakan di dalam wilayah B2C e-commerce. Banyaknya model termasuk didalamnya mengikuti :

  • Portal (pintu gerbang)
  • E-tailer (elektronik bagian belakang)
  • Volume penyedia
  • Transaksi broker
  • Kreator Pasar
  • Penyedia Jasa
  • Kelompok Penyedia
Menggambarkan banyaknya model-model bisnis B2B
  • E-distributor (Elektronik bagian Distributor)
  • E-Procurement (Elektronik bagian Pengadaan)
  • Exchanges (perubahan)
  • Industry consortia (Industri Konsorsi)
  • Single-firm network (Jaringan perusahaan tunggal)
  • Industri-wide network (Jaringan luas Industri)

Mengenal model-model bisnis di sisa lain timbul area penting dalam e-commerce

Jenis-jenis dari model bisnis yang ditemukan pada konsumen ke konsumen e-commerce, kawan ke kawan e-commerce dan wilayah e-commerce :

§ C2C model bisnis yang berhubungan dengan konsumen dengan konsumen lain.

§ P2P model bisnis yang memungkinkan konsumen dalam membagi file-file dan jasa via web tanpa penyedia induknya (biasanya).

§ M-commerce model bisnis mengambil lebih pada model e-commerce secara tradisional dan perangkat teknologi yang penting untuk dapat berhubungan dalam web.

§ Kemungkinan bisnis e-commerce terfokus pada model infrastruktur yang penting untukperusahaan e-commerce tetap ada, tumbuh dan berprospek ke depannya.

Mengerti kunci konsep bisnis & strategi aplikasi pada e-commerce

Internet dan web memiliki banyak pengaruh dalam lingkungan bisnis di decade akhir, dan telah dipengaruhi oleh :

1) Struktur Industri

2) Rantai nilai industri

3) Rantai nilai perusahaan strategi bisnis

Tidak ada komentar: