Kamis, 10 April 2008

Bagian I

Memperkenalkan e-commerce permulaan revolusi baru dimulai

Apakah arti E-commerce?

Merupakan E-commerce merupakan (perdagangan elektronik) menggunkan internet atau web untuk melakukan kegiatan transaksi bisnis. Lebih formalnya, kita terfokus pada kemungkinan transaksi diantaranya baik secara komersial dan banyaknya organisasi-organisasi dan perorangan. Tiap komponen yang dikerjakan mengandung pentingnya e-commerce di dalamnya termasuk salah satunya adalah adanya kemungkinan transaksi secara digital dengan semua transaksi melalui mediasi digital teknologi. Bagian yang paling penting dari transaksi tersebut terdapat dalam internet maupun web.

Transaksi secara komersial melibatkankan pada nilai (contohnya : uang) yang berhadapan dengan batasan organisasional dan individual didalamnya kembali pada prodak-prodak dan jasa-jasa. Perubahan pada nilai sangatlah penting untuk mengerti batasan dari e-commerce : Tanpa adanya perubahan nilai perdagangan tidaklah terjadi.

Perbedaan diantara E-commerce & E-business

Beberapa berpendapat bahwa E-commerce mencakup keseluruhan dunia elektronik berdasarkan kegiatan-kegiatan organisasi yang mendukung perubahan pasar yang dimiliki oleh perusahaan dari keseluruhan sistem informasi infrastruktur (Rayport & Jaworksi, 2003). Yang lain berpendapat, di lain pihak, e-business meliputi dunia eksternal dan internal berdasarkan pada kegiatan-kegiatan elektronik, termasuk didalamnya e-commerce (Kalakota & Robinson, 2003).

Pengertian E-business

Merupakan kemungkinan transaksi secara digital & proses yang terdapat di dalam perusahaaan, melibatkan sistem-sistem informasi dibawah pengawasan dari perusahaan.

Mengapa Belajar E-commerce

Perkembangan dari E-commerce lebih dahulu, merupakan proses dari pemasaran & penjualan barang dari sebuah media pemasaran dan kekuatan yang mendukung proses penjualan. Konsumen lebih dipandang sebagai target-target pasif dalam kampanye periklanan & kebiasaan pembelian dengan segera. Prilaku pembelian yang terisolir ke dalam saluran distribusi. Konsumen yang terjebak dalam pertimbangan situasi geografis dan batasan-batasan sosial, tidak sanggup untuk mencari yang lebih luas untuk harga-harga & kualitas yang paling baik. Informasi mengenai harga-harga, biaya-biaya & pajak yang dikenakan pada konsumen, menghasilkan keuntungan. Informasi asimetris menunjukan sedikit perbedaan yang relevan pada banyaknya pada banyaknya kelompok informasi pasar di dalam transaksi. Hal itu sangatlah mahal untuk merubah suatu harga dalam suatu wilayah pada harga eceran tradisional ( apa yang kita sebut sebagai daftar biaya-biaya) itu adalah “satu harga suatu wilayah” sebagai norma & harga dinamis dari perubahan harga wilayah pasar pada saat ini sedangkan yang lampau tidaklah terdengar. E-commerce merupakan tantangan yang besar dalam pemikiran bisnis secara tradisional.

Tipe- Tipe E-Commerce :

Ada beberapa jenis yang berbeda dari e-commerce & banyak cara yang berbeda dalam tipe karakteristik ini. Ada 5 tipe utama yang didiskusikan dalam buku (Loudon, K.C. & Traver, C.G. (2001) E-Commerce : Business, Technology, Society. Boston, MA : Addison-Wesley.32.Return to text)

1) B2C (Business-to-Consumer) e-commerce adalah bisnis penjualan secara on-line pada konsumen perorangan.

2) B2B (Business-to-Business) e-commerce adalah bisnis penjualan secara on-line pada bisnis lainnya.

3) C2C (Consumer-to-Consumer) e-commerce adalah Konsumen menjual ke konsumen lainnya.

4) P2P (Peer-to-Peer) e-commerce adalah Teknologi kawan pada kawan yang mana memungkinkan pengguna internet untuk membagi file-file & sumber-sumber langsung pada computer tanpa mengunjungi web pusat penyedia, di dalam e-commerce.

5) Mobile Commerce adalah menggunakan alat-alat perangkat digital untuk memungkinkan transaksi pada web.

E-Commerce I & II

Meskipun E-commerce adalah baru-baru ini sangat fenomena pada awalnya pada tahun 1990, itu sudah menjadi sejarah. Sejarah dari E-commerce I di zaman pada periode dari pertumbuhan yang bertambah & tidak seperti biasanya inovasi dimulai di tahun 1995 pada awalnya tersebar luas digunakan untuk iklan produk-produk web, terakhir di bulan maret 2000 ketika persediaan ditaksir pada perusahaan dot.com mulai bangkrut.

E-commerce II adalah zaman di mulai bulan Januari 2001 yang mana diukur dengan rentang waktu dari perusahaan e-commerce & nilai persediaan yang terjadi.tiap periode di dalamnya e-commerce adalah kekuatan-kekuatan yang membentuk kumpulan karakteristik dan visi.

Mengerti E-Commerce

Kita terkadang tidak mengerti dengan mengatakan secara tidak langsung dari sedikitnya pemesanan dan pentingnya hal tersebut karena di buku ini & pemikiran kita yang bebas dari keseluruhan jarak dari tema seperti yang sesuai dengan masalah yang kita hadapi untuk dapat dimengerti dan dideskripsikan. Meskipun di teknologi yang sebelumnya sepertinya merupakan revolusi dari pendukung secara komersial, yang mana merupakanproses dari kemajuan. Pertama teknologi berkembang & kemudian pengembangan & diexploitasi secara komersial dari teknologi yang tersebar luas, sebuah kelompok dari masalah politik dan ekonomi yang meningkat.

Disiplin serta kepedulian E-commerce

Banyak disiplin yang secara langsung dilibatkan dalam penelitian dan pemahaman dari e-commerce diantaranya :

1) Ilmu computer

2) Pengetahuan Manajemen

3) Sistem Informasi

4) Ekonomi

5) Sosiologi

6) Keuangan / Akuntansi

7) Manajemen &

8) Marketing

Tidak ada komentar: